Headlines News :
Home » » Berlian Pagi 08 November 2016

Berlian Pagi 08 November 2016

Written By Saimin on Selasa, 08 November 2016 | 16.00.00

Berlian Pagi

al-idrisiyyah.com | Syekh Akbar M. Fathurahman pagi ini menjelaskan sebuah hadis yang termuat dalam kitab Risalah al Qusyairiyah. Hadis tersebut adalah:

اللَّهُمَّ تَوَفَّنِيْ إِلَيْكَ فَقِيْرًا، وَلَا تَتَوَفَّنِي غَنِيًّا، وَاحْشُرْنِي فِيْ زُمْرَةِ الْمَسَاكِيْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

‘Yaa Allah, wafatkanlah aku dalam keadaan fakir (kondisi batin yang butuh kepada Allah), dan jangan Engkau wafatkan aku dalam kondisi batin yang tidak butuh kepada-Mu. Bangkitkanlah aku dalam kelompok orang-orang yang butuh kepada Engkau pada hari kiamat kelak!’ (HR. Thabrani)
Pengertian ‘fakir’ dalam konteks hadis di sini bukan tidak memiliki harta. Orang-orang miskin yang dimaksud bukanlah orang-orang yang memiliki kondisi miskin yang penuh penderitaan karena ketiadaan harta, akan tetapi orang-orang yang memiliki kondisi tenang (muthmainnah) disebabkan telah mendapatkan Ridha Allah. Mereka sudah mendapatkan tanda kebahagiaan sebelum memasuki surga.

Orang yang terjebak pada pengertian yang harfiyah dan diarahkan kepada makna zahir akan kontradiktif dengan keberadaan Nabi Sulaiman As yang berlimpah harta dan kekuasaan. Andaikan umat diperintahkan agar menjadi miskin maka tidak ada orang kaya yang beserta Nabi Saw. Karena dalam doa di atas Beliau minta dikumpulkan bersama orang-orang yang miskin.
Demikian jelaslah perbedaan Fakir dan miskin dalam terminologi tasawuf dengan ilmu fikih. Jika dalam ilmu fikih istilah fakir dan miskin diidentikkan dengan kondisi kekurangan/ketiadaan harta benda, sedangkan dalam istilah tasawuf bermakna kondisi jiwa yang butuh kepada Allah dan tenang (sakinah – سكينة).

Sumber : http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/934/berlian-pagi-08-november-2016
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog alidrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger